Selasa, 23 Juli 2013

Perempuan Tak Hanya Urus Kasur, Dapur, dan Sumur

PERAN perempuan saat ini bukan sekadar mengurus kasur, dapur, dan sumur. Lebih dari itu, sebagai salah satu pilar negara, peran perempuan sangat strategis sebagai pendidik utama anak-anak. Demikian ditegaskan Ridha Fidyana, calon legislatif (caleg) dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) saat berbincang dengan IRNews di salah satu restoran cepat saji di bilangan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (20/05). ’’Perempuan kan pilar negara. Kalau perempuan dididik dengan baik dan diperhatikan, pasti negara maju,” kata Ridha Fidyana.
Ridha Fidyana, Caleg dari Partai Persatuan Pembangunan Dapil  DKI 2
Dijelaskan wanita kelahiran 20 Oktober 1985 ini, jika dilihat dari skala kecil, perempuan Indonesia sudah memiliki kesempatan menempati pos-pos pemerintahan. Hanya saja, potret perempuan Indonesia pada skala nasional masih mengalami banyak persoalan.

Perwakilan Caleg Perempuan masih kurang

’’Mungkin dari segi kultur masih banyak juga yang menganggap perempuan hanya kerja di kasur, sumur, dan dapur. Padahal, itu tidak relevan lagi,” ujar mantan aktivis ini.
Perempuan yang pernah mengeyam bangku kuliah di Universitas Indonesia (UI) jurusan Arsitektur ini menambahkan, tantangan perempuan Indonesia masa kini ada pada persoalan budaya dan rumah tangga. Dua tatanan itu, kata Ridha Fidyana, dapat menjadi penghalang kemajuan perempuan. Untuk itu, seluruh komponen masyarakat perlu menganggap wanita sebagai fitrah kemanusiaanya.
’’Laki-laki juga harus membuka diri. Karena jika perempuan berkembang, yang diuntungkan laki-laki juga. Kan, laki-laki yang berkembang, perlu perempuan yang mendorong. Begitu juga perempuan yang hebat, ada lelaki yang menjadi penopang,” ujar Ridha.
Ridha Fidyana yang akan bertarung di daerah pemilihan (dapil) DKI II yang meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan luar negeri ini mengaku memiliki idola perempuan, yakni Cut Nyak Dien. Bagi Ridha, pahlawan Aceh itu merupakan contoh perempuan yang sangat berpengaruh di masanya. ’’Cuk Nyak Dien, itu rule model yang sangat bagus,” tegas ibu dua anak ini. [hil-4]
STIFORP Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar